Selasa, 16 Juli 2013

Artikel : Makanan Pokok Rakyat Indonesia

Di tanah Indonesia, sebagian masyarakat mengkonsumsi nasi putih sebagai hidangan utama. Seperti banyak orang berkata "kalau belum makan nasi, berarti belum makan.."

Nasi Putih dihasilkan dari Beras Putih, Beras adalah bagian bulir padi yang telah dipisah dari sekam (kulit beras). Pada salah satu tahap proses hasil panen padi, bulir padi ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga kulitnya
terlepas dari isinya. Bagian isi inilah, yang berwarna putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam, yang disebut beras. Biasanya padi tumbuh secara tahunan.Beras dari padi ketan disebut ketan.
Ada juga sebutan beras putih organik, beras yang dirawat secara alami, tanpa pestisida kimia, dengan keadaan tanah yang ramah lingkungan.

Beras dapat dibagi menjadi beberapa macam, seperti :


Beras putih, sesuai namanya, berwarna putih agak transparan karena hanya memiliki sedikit aleuron, dan kandungan amilosa umumnya sekitar 20%. Beras ini mendominasi pasar beras di seluruh indonesia dan beras ini menjadi bahan utama rakyat Indonesia.




Beras merah, akibat aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu. Beras ini memiliki serat lebih banyak dari beras putih.



Beras hitam, sangat langka, disebabkan aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam. Beras ini memiliki tingkat serat paling tinggi diantara beras putih dan beras merah.


Ketan (atau beras ketan), berwarna putih, tidak transparan, seluruh atau hampir seluruh patinya merupakan amilopektin.
Ketan hitam, merupakan versi ketan dari beras hitam.



Beras berbeda dengan ketan, dikarenakan perbedaan banyaknya amilosa dan amilopektin diantara beras dan ketan, baik tekstur dan lengketnya.

Beberapa jenis beras mengeluarkan aroma wangi bila ditanak (misalnya 'Cianjur Pandanwangi' atau 'Rajalele'). Bau ini disebabkan beras melepaskan senyawa aromatik yang memberikan efek wangi. Sifat ini diatur secara genetik dan menjadi objek rekayasa genetika beras. (source from wikipedia)

Nilai nutrisi beras yang terkandung di dalam 100gr (3.5 oz) adalah

Energi ( 1.527 kJ / 365 kcal )
Karbohidrat ( 79 gr )
Gula ( 0.12 gr )
Serat pangan ( 1.3 gr )
Lemak ( 0.66 gr )
Protein ( 7.13 gr )
Air ( 11.62 gr )
dan lain - lain ( sekitar 288.9 miligram ) (source from wikipedia) 

Dalam sepanjang sejarah nasi di indonesia, telah banyak hasil pengolahan makanan yang terbuat dari nasi, baik dari negara2 tetangga maupun indonesia sendiri. sehingga kita pun tidak akan bosan dalam menikmati sumber makanan utama rakyat indonesia setiap harinya. Kita pun dapat mengolahnya sendiri di rumah.


salam sejahtera,
Tuhan memberkati.
 


< Home Industry Store Distribution >
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar