Selasa, 16 Juli 2013

Artikel : Apa sie maksudnya "Makanan Organik" ???

Kata "organik" berasal dari kata serapan bahasa inggris, yang memiliki arti alami, tanpa bahan kimia, tanpa pertisida,.

Menurut American Cancer Society menyebutkan: Istilah "organik" secara luas digunakan untuk menggambarkan makanan dari tanaman yang tumbuh tanpa menambahkan bahan kimia buatan, dan makanan dari hewan yang dibesarkan tanpa hormon atau antibiotik. 



Makanan nabati organik berasal dari metode pertanian yang tidak menggunakan pestisida konvensional atau kimia pembunuh gulma, pupuk kimia atau lumpur limbah sebagai pupuk, atau iradiasi makanan dalam pengolahan. Makanan yang dimodifikasi secara genetik tidak bisa disebut organik.

Mengapa kita perlu makanan organik ??
Minimalis sehat, unutk mengetahui apakah kita sehat, setidaknya kita mengetahui apa saja yang kita makan sehari -hari, misalkan beras kira - kira  60 - 70%, tidak termasuk lauk, sayuran yang bukan organik dari total seluruh hidangan dalam 1piring.Brp miligram kah unsur kimia yang masuk ke dalam tubuh kita ??

Bahan kimia berbahaya, hampir kebanyakan bahan pangan memakai pestisida/kimia, smua jenis pestisida merupakan bahan karsinogenic, suatu zat yang dapat memicu rasangan tumbuhnya kanker apabila terjadi pembakaran.

Melindungi Anak, Sebuah penelitian dilakukan pada tahun 1980-an yang menyatakan bahwa rata - rata anak - anak rentan terkena bahan beracun penyebab kanker 4kali lebih banyak dibanding orang dewasa. Hal ini dibuktikan sebagian berasal dari jenis - jenis makanan yang mereka konsumsi. Kebijakan dalam memilih makanan, berperan penting demi kelangsungan kesehatan anak - anak di masa depan.

Melindungi kualitas air, udara dan tanah, dengan mengkonsumsi pangan organik, berarti kita berperan dalam pemulihan ekosistem dan menjaga keseimbangan alam. Beberapa racun POP (Oersistent Org Pollutant) perlu diwaspadai karena racun ini mengakibatkan pencemaran di dalam tanah, air dan udara, seperti aldrin, chlordane, dieldrin, endrin, heptachlor, mirex, toxaphenyl, hexachlorobenzene, PCB (polychlorinated biphenyls), dioxin, furans.

 


Melindungi Para Pekerja Pertanian, dengan mengkonsumsi pangan organik, para pekerja pertanian tidak akan menggunakan bahan kimia atau pestisida berbahaya yang mengancam kesehatan dan hidup pekerja.

Ikut mendukung Petani Lokal berskala Kecil, membantu komunitas untuk mencapai ketahanan pangan.

Produk Organik tidaklah mahal, Banyak biaya yang tersembunyi apabila kita membeli produk anorganik secara konvensional. Bila harga pangan terlalu murah, menandakan upah para pekerja pertanian tidak diterima secara adil. Dengan kita membeli produk organik, kita berhemat ke dokter karena tidak ada keluhan sakit diakibatkan makanan tidak sehat, dan produk organik dapat disimpan lebih lama, tidak mudah basi, tidak cepat bau apek dapat menghemat uang belanja bulanan.

Rasa Pangan Organik lebih nikmat, produk organik memiliki rasa lebih manis, renyah, empuk dan kesegarannya lebih beraroma wangi.


Dengan menikmati pangan organik, kita telah ikut berperan penting dalam berbagai faktor, seperti kelangsungan kesehatan anak - anak dan kelangsungan ekosistem tanah, air dan udara di sekeliling kita. Maka tidak ada salahnya bila kita beralih ke pangan organik, alami, tanpa bahan kimia/pestisida.

salam sejahtera,

Tuhan berkati.



< Home Industry Store Distribution >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar