Selasa, 16 Juli 2013

Artikel : Kebanyakan nasi putih bisa bikin diabetes??

Nasi adalah makanan utama rakyat Indonesia, telah menjadi hidangan di atas meja seluruh keluarga indonesia. Tetapi banyak yang berkata bahwa nasi adalah penyebab utama orang terkena penyakit diabetes. Benarkah itu??

Sebetulnya tidak, Kandungan Nutrisi Nasi Putih banyak mengandung karbohidrat & air, sehingga nasi putih bermanfaat menjadi sumber tenaga utama yang cepat karena mudah diserap tubuh, nasi putih tidak memiliki banyak serat, berbeda dengan nasi merah dan nasi hitam. maka dari itu, nasi putih kurang cocok bagi anda yang menderita diabetes. Karena nasi putih mudah dicerna dengan cepat dan dapat menaikkan gula darah secara cepat pula. 



Dalam 100 gram beras putih mentah terkandung sekitar 80 gram karbohidrat, namun dalam 100 gram nasi putih hanya terkandung sekitar 28 gram karbohidrat dan 242 kalori karena beratnya bertambah besar dengan air sewaktu proses memasak.

Penyakit Diabetes merupakan penyakit turunan, jika seseorang yang tidak mempunyai turunan, terkena diabetes, hal ini disebabkan orang tersebut mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak. Sehingga tubuh tidak dapat mengubah karbohidrat menjadi energi dan glikogen, menyebabkan gula dalam darah menumpuk dan terjadilah diabetes.



Agar Tubuh tetap terpelihara dengan baik, dianjurkan mengkonsumsi 2gram karbohidrat dari setiap kg berat badan, bila anda berupaya untuk menambah berat badan atau massa otot, maka kebutuhan karbohidrat pun meningkat menjadi 4 - 5gram per kg nya. Bila berat anda 65kg dan anda bekerja sebagai administrasi di kantoran, maka kebutuhan karbohidrat anda adalah (65kg x 2gr = 130gr) karbohidrat per hari nya.

Untuk terhindar dari diabetes, anda wajib mengatur porsi karbohidrat anda setiap makanan, diimbangi dengan protein, mineral, vitamin. Nasi kaya akan serat seperti nasi merah atau nasi hitam, cocok bagi anda penderita diabetes, karena kadar karbohidratnya yang rendah.
Bagi anda pula yang ingin menurunkan berat badan, nasi merah dan nasi hitam cocok dimasukkan ke dalam menu diet dan program loss weigth anda.


Salam sejahtera,
Tuhan berkati.


Home Industry Store Distribution >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar