Minggu, 30 Maret 2014

Tips : Cara Menggunakan Rum pada Kue Buah

Fruit Cake atau bisa disebut juga Kue Buah, biasa dibuat untuk merayakan Hari Besar atau Hari Libur bersama keluarga. Pada umumnya kue buah terdiri dari adonan kue, buah - buahan kering atau kacang - kacangan. Penambahan Rum atau Alkohol pada kue akan melembabkan dan mempertahankan kue dari kadaluarsa. Penambahan tersebut dapat dilakukan sebelum pemanggangan, yakni ketika buah kering direndam dengan rum sebelum dicampurkan ke dalam adonan kue. Ataupun ditambahkan setelah kue buah selesai dipanggang. Ada salah satu cara yang digunakan oleh orang - orang jaman dulu untuk membuat kue buah yang nikmat dengan ditambahkan rum.

Berikut cara - cara menggunakan rum pada kue buah :



1. Letakkan buah kering yang akan ditambahkan ke dalam adonan kue atau buaha kering yang digunakan sesuai dengan resep pada wadah atau kontainer yang dapat ditutup.

Buah kering yang digunakan sesuai dengan resep yang anda akan buat.

2. Tuang Rum ke dalam kontainer hingga buah kering tersebut, terendam semua pada kontainer.

Lalu tutup dengan plastik atau dengan tutup kontainer dengan rapat. 

3. Rendam buah kering di dalam kontainer yang tertutup rapat selama 24 jam sebelum dicampur ke dalam kue.

Rendaman selam 72 jam, adalah waktu yang bagus, tetapi periksalah setiap 24 jam sekali, apabila rum menguap, tambahkan rum hingga buah terendam kembali.


4. Tambahkan buah yang sudah direndam, ke dalam adonan kue sesuai resep kue yang akan dibuat.

Sisa rum yang digunakan untuk rendaman dapat dimasukkan ke dalam adonan kue apabila sesuai dengan resep.

5. Panggang kue buah, setelah matang, angkat.

Lalu biarkan kue hingga dingin hingga kue dapat dilepas dari loyang.

6. Setelah kue diletakkan pada piring saji. Tuang atau olesi bagian atas kue ( seperti pada gambar di kanan ) dengan sisa rum rendaman buah kering. Atau tusuk terlebih dahulu dengan menggunakan tusuk sate untuk mempermudah penyerapan.

Sisa rendamam rum tidak harus habis apabila bersisa.

7. Sediakan plastik wrap yang lebar,cukup untul membungkus kue buah. Lalu letakkan plastik wrap pada meja

8. Sediakan cheesecloth yang telah dibasahi rum, letakkan diatas plastik wrap selebar plastik wrap untuk membungkus kue buah.








9. Letakkan kue buah ke atas cheesecloth, lalu bungkus. Setelah itu olesi kembali atau basahi kue buah yang terbungkus dengan rum.

10. Tarik plastik wrap, bungkus kue buah dengan rapat, dan pastikan bahwa kue buah terbungkus dengan rapi.

11.  Sediakan aluminium foil dan bungkus kembali kue buah.

Lalu simpan kue buah yang terbungkus ke dalam kontainer yang lebih besar, tutup dengan rapat dan kedap udara, simpanlah dalam suhu ruangan. Jangan simpan di dalam kulkas, karena dingin akan merusak proses rasa dan pelembutan.

12. Dalam proses ini, kue buah sedang mengalami pengawetan dikarenakan alkohol pada rum. Biasanya kue buah didiamkan selama satu bulan dan ketika itu juga kue mengalami pelembutan. 

Resep Luar Negeri mengawetkan kue mereka selama 3 bulan.

13. Basahi kembali kue buah dengan rum, setiap 1 - 2 minggu, bila anda tidak menyimpan kue buah terlalu lama. 

Apabila anda ingin menyimpannya dalam waktu lama, anda dapat mengolesi kue buah setiap 3 bulan sekali. dan ikat kembali dengan cheesecloth, plastik wrap dan alumunium foil. Dan jangan pernah tidak diolesi dalam penyimpanan.


14. Apabila semua proses telah dilakukan dengan baik, maka tahap selanjutnya, yang paling penting adalah Menikmati Kue Buah tersebut.

( sumber dari WIKIHOW )








Semoga cara - cara ini menjadi ilham bagi anda para pecinta kue atau para pembuat kue dalam menyajikan Fruit Cake yang nikmat. Bila berkenan, berikan komentar pada blog ini.
Terima Kasih.


Salam Sejahtera,
Tuhan memberkati.





Home Industry Store Distribution >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar