Minggu, 30 Maret 2014

Tips: Tiga langkah menyiapkan Beras Hitam Menjadi Nasi Hitam


Beras Hitam adalah salah satu jenis beras yang memiliki kadar serat terbanyak. Untuk menyajikan beras hitam menjadi nasi hitam, tidaklah sulit untuk menyiapkan nasi dari beras hitam. Jenis beras hitam ini tidak cocok bila dimasak menggunakan rice cooker karena beras hitam ini memiliki kadar serat yang tinggi, sehingga nasi menjadi tidak empuk dan rasa maupun tekstur masih seperti beras. Proses memasak beras hitam sebenarnya memiliki waktu yang cukup lebih lama dari waktu memasak rice cooker . Saya akan berbagi tips untuk para onliners, agar beras hitam dapat dijadikan hidangan nasi favorit anda.





Langkah Pertama : Membilas Beras Hitam
 

Pertama. Takarlah terlebih dahulu, dua cup air (sekitar 500ml) untuk setiap satu cup beras hitam (sekitar 210gram). Bila beras dimasak menjadi nasi, Volume akan menjadi dua kali lipat dari keadaan sebelum dimasak. 

Kedua. Sebelum dimasak, bilaslah beras hitam sebanyak 2 - 3 kali. letakkan beras dalam wadah, sambil dengan air mengalir ke dalam wadah, remas beras dengan menggunakan tangan. Lalu saring. Lakukan proses ini sebanyak 2 - 3 kali. Proses ini akan membantu beras menjadi bersih dan mencegah penggumpalan selama proses memasak.

Ketiga. Rendam beras hitam dan biarkan semalaman sebelum dimasak. Bila anda tidak memiliki waktu, masaklah beras hitam setelah proses membilas sebanyak 2-3 kali.


Langkah Kedua : Merebus Beras Hitam


Masukkan air dan beras hitam kedalam panci besar, Ingat takaran yang digunakan dalam resep ini adalah 2cup air banding 1cup beras hitam.

Bila anda menginginkan rasa yang lebih nikmat, air dapat diganti dengan kaldu ( ayam, sapi, sayuran ). Pada umumnya, resep yang digunakan adalah 2cup kaldu banding 1cup beras hitam.

Dengan keadaan Panci terbuka, nyalakan api kompor dengan posisi besar hingga air mendidih. 

Setelah air mendidih, tutup panci lalu kecilkan api. Biarkan panci dengan api kecil tersebut selama 20-35 menit, atau samapi air meresap ke dalam beras hitam.

Setelah air dalam panci terserap ke dalam beras, jangan buka tutup panci.

Matikan api dan diamkan selama 15menit dalam keadaan panci masih tertutup.

Aduk nasi hitam dengan perlahan, agar nasi tidak keras dan melekat satu sama lainnya.

Lalu sajikan.









Langkah Ketiga : Menyajikan Nasi Hitam

Pertama. Nasi hitam dapat dijadikan salad dingin. Nasi hitam sebagai pengganti makanan sehat untuk nasi putih atau mie, Nasi Hitam cocok sebagai hidangan pada saat pesta BBQ atau pesta makan - makan. Tetapi perlu diingat bahwa nasi hitam ini harus dimasak secara benar sebe;um dicampur dengan makanan lain.

Kedua. Nasi hitam dapat dijadikan sebagai bahan pengisi, seperti pada ayam atau turkey, dengan kandungannya nasi hitam yang sehat, dapat dicampur dengan tepung roti panir dan bumbu - bumbu yang biasa digunakan sebagai hidangan favorit anda.

Ketiga. Nasi Hitam sebagai hidangan pendamping. Pada umumnya, Hidangan main course menyajikan hidangan utama pada piring, yakni ayam, ikan atau nasi. Tetapi nasi hitam sangat cocok dijadikan hidangan pendamping pengganti sayuran pada hidangan utama. Nasi hitam pun dapat dicampur dengan bumbu, dan jangan takut untuk membuat kombinasi yang baru dan menarik.

Keempat. Nasi Hitam sebagai hidangan penutup. Daripada menggunakan Beras Ketan Hitam, lebih baik gunakan beras nasi hitam, yang memiliki kandungan lebih bersahabat untuk lambung anda. Dimana kandungan serat pada beras nasi hitam lebih banyak dibanding beras ketam hitam. Kombinasikan nasi hitam dengan krim, gula, bubuk kayu manis dan taburan buah - buahan untuk hidangan penutup anda. ( Sumber dari WIKIHOW )


Ada banyak sekali, cara - cara untuk menyiapkan Beras Hitam, saya hanya mengetik salah satu yang terbaik diantaranya, Bila artikel ini menyangkut pada hati anda, berkenanlah untuk memberikan komentar. 


Salam Sejahtera,
Tuhan memberkati.





< Home Industry Store Distribution >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar